21 Februari 2013

FAN (FORUM ADMINISTRASI NEGARA)

Jakarta - Himajan Unas
Alhamdulillah, rangkaian program kerja (proker) kedua HIMAJAN UNAS periode 2012-2013 telah selesai dilaksanakan. Proker kedua kami adalah Forum Administrasi Negara (FAN). Acara ini telah dilaksanakan pada tanggal 6-7 Februari 2013 di Anyer Cottage, Pantai Anyer, Provinsi Banten. FAN adalah salah satu program kerja dibawah naungan Biro Kaderisasi dan SDM HIMAJAN UNAS. 
Acara ini diselenggarakan dengan maksud dan tujuan untuk membangun hubungan interaksi yang positif dan menumbuhkan semangat kekeluargaan antara mahasiswa Administrasi Negara Universitas Nasional. Selain itu juga dupayakan untuk menciptakan suasana yang nyaman dan kondusif bagi seluruh mahasiswa Administrasi Negara Universitas Nasional untuk dapat berkarya dan berprestasi bersama HIMAJAN UNAS.

Kegiatan ini didahului dengan doa bersama sebelum keberangkatan kami dari kampus tercinta Universitas Nasional, Jakarta pukul 09.00 WIB. Meskipun ada beberapa kendala sebelum keberangkatan, tetapi Alhamdulillah tidak mengurangi semanat para peserta untuk mengikuti acara ini. Setibanya di lokasi acara pada pukul 12.30 WIB para peserta diberikan waktu istirahat di 3 traditional cottage yang sudah disediakan, sambil menunggu instruksi dari rekan panitia untuk memulai acara.Tak lama, rekan panitia pun mulai meminta para peserta untuk berkumpul dihalaman didepan cottage untuk mengikuti games kecil dan berbaris dengan kelompoknya masing-masing. Games yang pertama yaitu masing-masing kelompok diinstruksikan untuk membuat yel-yel kelompok dan menampilkannya didepan para peserta lain. Games selanjutnya adalah Tebak Gerak, dimana setiap kelompok diharuskan menebak gerakan yang dilakukan oleh teman sesama kelompoknya, berdasarkan instruksi dan petunjuk kata yang sudah diberikan panitia.  
Selesai games pertama dan kedua, acara pun kembali menjadi acara bebas, peserta di perbolehkan untuk beristirahat dan menikmati fasilitas yang diberikan oleh cottage seperti kolam renang, areal pantai, permainan futsal, dan volli pantai. Sehabis waktu Isya, acara pun di mulai kembali, dimana para peserta dan panitia berkumpul duduk bersama didepan salah satu cottage, untuk saling berdiskusi satu sama lain mengenai sejarah dan perkembangan jurusan Administrasi Negara Universitas Nasional. Acara ini sudah menjadi 'tradisi' wajib di setiap kepengurusan HIMAJAN UNAS yang melaksanakan acara serupa, untuk memperkenalkan dan memberikan pemahaman mengenai lingkungan jurusan di kampus.

Diskusi ini dinamakan 'Bunga Rampai HIMAJAN UNAS', dan diskusi ini dikomando oleh Ketua Umun, Sdr Dimas Aji Kresnanto. Dalam diskusi kita membicarakan banyak hal, termasuk mengenai fakta-fakta sejarah organisasi HIMAJAN UNAS. Semestinya setelah penyampaian materi 'Bunga Rampai', dilanjutkan penyampaian materi diskusi lainnya oleh Bapak Ketua Jurusan, tetapi sayangnya karena terjebak kemacetan menuju lokasi acara, beliau terlambat hadir.

Selesai berdiskusi cukup panjang, acara kembali bebas, dan sebagian besar peserta memilih kembali ke cottage masing-masing untuk istirahat. Peserta dipersilahkan untuk istirahat karena acara akan dilanjutkan kembali tengah malam. Pada tengah malam adalah acara api unggun. Dalam acara itu, semua peserta merayakannnya dengan makan jagung bakar bersama, ditemani dinginnya angin malam dan deburan ombak, serta suasana yang penuh riuh kegembiraan bersama. Selesai api unggun, tibalah waktunya beristirahat untuk melanjutkan acara esok hari.
Pagi harinya, dimana sebagian peserta masih tertidur lelap, beberapa peserta sudah mulai bangun dan memanfaatkan waktu pagi untuk berfoto, berenang di pantai, dan juga di kolam renang. Setelah semua peserta bangun dan sudah berkumpul kembali, acara hari itu dilanjutkankan, masih dengan games yang ketiga yaitu Lomba Bakiak dan Balap Karung. Para peserta terlihat sangat menikmati acara-acara yang diinstruksikan oleh panitia termasuk games terakhir, Tarik Tambang tepat dipinggir pantai! Hmm, tentu dapat dibayangkan bagaimana sulitnya. Selesai melahap semua games, waktunya para peserta dan panitia melakukan operasi bersih-bersih dan membereskan peralatan masing-masing dikarenakan akan kembali pulang ke Jakarta, selepas santap siang bersama pada pukul 12.30 WIB. Terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh mahasiswa Adminsitrasi Negara Unas dan Sdr Kasno Andriansyah sebagai perwakilan BPM FISIP UNAS yang telah mengikuti rangkaian acara ini hingga akhir. Salam Visioner...! (dev/lat/dms)