11 April 2013

Cetak Alumni Siap Kerja, CDC UNAS Bekali Softskills dan Motivasi Mahasiswa


Kegiatan ini digelar untuk membekali mahasiswa dan alumni - alumni baru agar memiliki kesiapan dalam menghadapi dunia kerja, bagaimana trik dan tips yang menarik dalam membuat lamaran kerja dan sebagainya.

Jakarta (UNAS) - Mencetak alumni yang memiliki kompetensi mumpuni dan mampu menjawab tantangan dunia global tentu menjadi salah satu tujuan tiap istitusi pendidikan, terutama perguruan tinggi. Untuk mewujudkan hal tersebut, Universitas Nasional pun membekali mahasiswanya dengan softskill serta motivasi. 

Pada acara seminar Soft Skill bertema "Soft Skills and Motivation for Maximum Impact" yang diselenggarakan oleh Career Development Center (CDC) Universitas Nasional bekerjasama dengan Career Builder, dihadiri lebih dari seratus mahasiswa dan alumni lintas fakultas dan akademi. 

"Kegiatan ini digelar untuk membekali mahasiswa dan alumni - alumni baru agar memiliki kesiapan dalam menghadapi dunia kerja, bagaimana trik dan tips yang menarik dalam membuat lamaran kerja dan sebagainya. Semoga banyak hal menarik dan bermanfaat yang nantinya bisa dibawa pulang oleh peserta acara ini," papar Kepala Divisi CDC Unas, Saptomo Setiawan, SP dalam sambutannya membuka seminar soft skills yang diadakan di Aula Utama Unas, Blok I Lantai 4, Selasa (9/4). 

Dalam acara tersebut, Sales and Marketing Director Career Builder, Gabelas MS menjelaskan berbagai macam soft skills yang harus dimiliki oleh mahasiswa dan alumni dalam menghadapi dunia kerja nantinya. Tidak hanya itu, Gabelas juga menegaskan arti penting motivasi untuk meraih cita - cita dan impian dalam hidup kita. 

"Diantara banyaknya soft skills yang harus kita miliki adalah kemauan yang kuat, kecakapan berkomunikasi, serta kepercayaan diri yang tinggi," jelas Gabelas. 

Lebih lanjut, Gabelas juga membagikan tips membuat daftar riwayat hidup atau curriculum vitae (CV) yang menarik untuk digunakan dalam mencari pekerjaan. Beberapa diantaranya adalah CV harus dibuat sederhana dan mudah dimengerti, selain itu CV juga harus menceritakan yang baik - baik tentang diri kita. "Daftar riwayat hidup itu tidak perlu panjang - panjang, yang terpenting sederhana dan menggambarkan kelebihan dan kemampuan yang menonjol dari kita," pungkas Gabelas.