HIMAPUBLIK PRESENT
NGOPI ( Ngobrol Pintar )
Theme : Tinjauan Pembangunan Infrastruktur Publik dalam Perspektif
UU No. 25 Tahun 2009
“Pelayanan Publik”
Pelayanan publik yaitu melayani masyarakat dalam pelayanan barang dan jasa secara
menyeluruh.
Kebijakan Publik yaitu peraturan atas kebutuhan msayarakat.
Kebijakan Publik Manajerial : Eksekutif contohnya, Perpres, Pergub
Kebijakan Publik Operasional : Peraturan Menteri
KCIC ( Kereta Cepat Indonesia-China ) , Jakarta-Bandung
Perusahaan Pemenang Tender yaitu WIKA, HK, BUKAKA
Biaya KCIC Rp500.000/Trip
Dampak daripada pembangunan proyek ini adalah:
1. Macet
2. Polusi
3. Rasio jalan yang semakin sempit dan berimbas pada kemacetan
UU No. 25 Tahun 2009
Tujuan : Dapat menganalisis semua kebijakan publik
BAB 5, Pasal 28 Ayat 1
“Kerjasama sebagaimana, Beban bagi masyarakat”
DISKUSI
Fadhlu
Mengapa KCIC harus Jakarta-Bandung, padahal jarak tsb masih bisa ditempuh
dibandingkan Jakarta-Surabaya dll?
Mengapa biaya KCIC sangat mahal yaitu Rp500.000/trip dalam arti biaya semahal itu
hanya bisa ditinjau oleh kalangan atas?
JAWABAN :
Bernard
Kebijakan mereka memilih KCIC Jakarta-Bandung untuk UJI COBA dan
meminimalisir hal hal yang tidak diinginkan selain itu tunggakan dana juga sangat
berpengaruh. Jika pertama yang mereka pilih adalah jarak tempuh yang sangat jauh
semisal Jakarta-Surabaya otomatis Indonesia sangat membutuhkan banyak dana.
Padahal dana yang terpakai dalam proses pembuatan KCIC Jakarta –Bandung ini saja
masih terlibat utang luar negeri yang Alhasil makin melonjak.
ARGUMENT
Jeremi
Jika bangun kereta lebih baik tidak perlu memakai tiang tiang karena kurang efektif.
Bernard
Kondisi Bandung, jalannya tidak rata. Jadi, memakai tiang mampu meratakan jalan.
Fadhlu
Dengan memakai tiang tujuannya untuk keselamatan masyarakat dalam beraktivitas.
Kondisi Jakarta dan Bandung juga berbeda.
Halomoan
Adanya KCIC sangat membantu kita sebagai masyarakat dalam beraktivitas, terutama
weekend banyak yang pergi liburan. Disisi lain, Jalan Tol dapat mengurangi volume
kendaraan (mengurangi kemacetan).
Untuk permasalahan biaya, kalangan menengah kebawah bisa naik mobil atau
angkutan umum juga masih banyak. Tetapi dalam hal ini mengenai jangka panjang,
biaya hidup memang semakin mahal seperti Pemesanan tiket pesawat menaik,
pembelian mobil pun meningkat.
Oleh karena itu, tingkat perekonomian masyarakat Indonesia pun pasti semakin
meningkat. Kemungkinan ComingSoon masyarakat Indonesia sebagian besar mampu
menggunakan KCIC dalam range waktu puluhan tahun atau jangka waktu yang sangat
panjang 20tahun keatas.
TEORI THOMAS R.DYE
2 Kacamata (+) / (-)
Fadhlu (-)
1. Indonesia mempunyai utang yang besar, jika dilaksanakan kebijakan pembuatan
KCIC akan semakin besar utang Indonesia bahkan membludak.
2. Tidak bisa dijangkau oleh semua kalangan, Jika ini pelayanan publik seharusnya
bisa dirasakan oleh semua kalangan.
Jeremi (-)
Jika ini pelayanan publik, semua kalangan harus dapat merasakannya agar tercipta
keadilan dan sama rasa. Tidak ada masyarakat tingkat kelas / golongan-golangan.
Nadia (+) dan Irfan (+)
Indonesia melihat negara China mampu melaksanakan kebijakan publik ini demi
mencapai kemajuan dalam arti China saja bisa Indonesia harus bisa.
Halomoan (-)
Pertunbuhan ekonomi naik turun, tetapi perkembangan teknologi terus meningkat.
Korea Selatan dulu tidak punya kereta cepat tetapi sekarang sudah punya.
KCIC untuk jangka panjang sangat berguna karna kehidupan bagai waktu yang terus
berjalan begitu cepat “time is money”
Di Eropa : Orang orang Eropa tidak pernah bahkan tidak ada yang jalan lambat. Karena menurut mereka waktu sangat bermanfaat.
Jika diprediksi, KCIC harganya nanti bisa turun
Karena, mempertimbangkan semua kalangan terutama kalangan menengah kebawah.
Rudy (-)
Jika dibandingkan dengan negara China, sangat sulit mencapainya
Bab? Pasal? Dalam perspektif UU No. 25 tahun 2009
Asas Persamaan.............
Jika kita tinjau, kebijakan publik dalam pembuatan KCIC ini berbenturan dengan
Asas Persamaan karena tidak bisa dijangkau oleh semua kalangan.