HIMAPUBLIK PRESENT
NGOPI (NGOBROL PINTAR)
Thema : Kebijakan Transportasi Ojek Online
Pemateri : Halomoan Mainando Manurung
Kamis, 11 Juli 2019
Ojek online merupakan sebuah inovasi dari ojek dimana ojek online ini menggunakan
smarthpone yang dapat memudahkan penumpang untuk memanggil ojek tanpa harus ke
pangkalan dan bernegosiasi harga. Ojek online juga memudahkan para driver untuk
menerima pesanan dari penumpang tanpa harus menunggu waktu lama dan tanpa menunggu
di pangkalan.
Kebijakan Peraturan Menteri Perhubungan
1.Keselamatan (Bab II pasal 2 ayat 4)
- Driver harus dalam keadaan sehat
- Driver harus memiliki kelengkapan surat sesuai dengan aturan yang ada (Sim C dan
Sim D untuk disable)
- Tidak boleh membawa penumpang lebih dari satu orangi
- Pengemudi harus mengenderai dengan fokus
2. Keamanan (Bab II pasal 2 ayat 5)
- Driver dan penumpang tidak diperbolehkan membawa senjata tajam
- Harus mencantumkan identitas
- Driver harus menggunakan plat nomor dan surat yang sesuai dengan kendaraan yang
terdaftar di aplikasi
3. Kenyamanan (Bab II pasal 2 ayat 6)
- Driver harus berprilaku sopan kepada penumpang
- Driver tidak boleh merokok pada saat membawa kendaraan
4. Keterjangkauan (Bab II pasal 2 ayat 7)
- Mengantarkan penumpang sesuai dengan titik
- Menggunakan harga yang tertera pada aplikasi
5. Keteraturan (Bab II pasal 2 ayat 8)
- Driver harus menaikkan dan menurunkan ditempat yang telah disediakan oleh pihak
aplikasi (shelter)
- Driver harus menaikkan dan menurunkan ditempat yang tidak menganggu lalu lintas
- Pihak aplikasi harus memberika pembinaan terhadap driver
Pengaduan
Ketika seorang penumpang mendapatkan perilaku yang tidak mengenakan dari driver maka,
penumpang berhak untuk melakukan pengaduan kepada pihak aplikasi agar driver yang
berprilaku tidak baik dapat ditegur oleh pihak aplikasi. Sesuai dengan tata aturan yang
berlaku pada aplikasi maka driver dapat dikenakan sanksi sementara atau permanent.
Keuntungan dari ojek online;
1. Lebih hemat waktu dan tenaga
2. Tidak perlu bernegosiasi harga
3. Dapat membayar secara non-tunai
4. Semakin sering menggunakan ojek online, semakin sering mendapat diskon
5. Armada lebih banyak
6. Ojek online mempunyai program loyalitas penumpang
Kelemahan dari ojek online;
1. Jaringan sering bermasalah
2. Pada saat kecelekaan dikarenakan penumpang menyuruh melawan arus, penumpang
tetap diberikan asuransi
3. Harga pada saat jam sibuk dan pada saat hujan bisa naik sampai 2x lipat bahkan 3x
lipat
Aspek yang harus dipenuhi driver, antara lain;
a. Menggunakan jaket yang sudah diberikan oleh aplikasi ojek online tersebut
b. Menggunaan celana panjang
c. Menyiapkan jas hujan
d. Menggunakan dan menyiapkan helm SNI
Pembukaan oleh pemateri |
Ojek merupakan transportasi umum yang tidak resmi. Ojek di Indonesia berupa sepeda
motor. Biasanya para driver ojek ini nunggu di pangkalan.
motor. Biasanya para driver ojek ini nunggu di pangkalan.
Ojek online merupakan sebuah inovasi dari ojek dimana ojek online ini menggunakan
smarthpone yang dapat memudahkan penumpang untuk memanggil ojek tanpa harus ke
pangkalan dan bernegosiasi harga. Ojek online juga memudahkan para driver untuk
menerima pesanan dari penumpang tanpa harus menunggu waktu lama dan tanpa menunggu
di pangkalan.
Kebijakan Peraturan Menteri Perhubungan
A. Tujuan adanya peraturan ini agar driver dan penumpang mendapatkan rasa aman dan
perlindungan (PM Perhubungan No 12 tahun 2019, Bab II pasal 2)
B. Ojek online wajib memenuhi beberapa aspek, seperti;
perlindungan (PM Perhubungan No 12 tahun 2019, Bab II pasal 2)
B. Ojek online wajib memenuhi beberapa aspek, seperti;
1.Keselamatan (Bab II pasal 2 ayat 4)
- Driver harus dalam keadaan sehat
- Driver harus memiliki kelengkapan surat sesuai dengan aturan yang ada (Sim C dan
Sim D untuk disable)
- Tidak boleh membawa penumpang lebih dari satu orangi
- Pengemudi harus mengenderai dengan fokus
2. Keamanan (Bab II pasal 2 ayat 5)
- Driver dan penumpang tidak diperbolehkan membawa senjata tajam
- Harus mencantumkan identitas
- Driver harus menggunakan plat nomor dan surat yang sesuai dengan kendaraan yang
terdaftar di aplikasi
3. Kenyamanan (Bab II pasal 2 ayat 6)
- Driver harus berprilaku sopan kepada penumpang
- Driver tidak boleh merokok pada saat membawa kendaraan
4. Keterjangkauan (Bab II pasal 2 ayat 7)
- Mengantarkan penumpang sesuai dengan titik
- Menggunakan harga yang tertera pada aplikasi
5. Keteraturan (Bab II pasal 2 ayat 8)
- Driver harus menaikkan dan menurunkan ditempat yang telah disediakan oleh pihak
aplikasi (shelter)
- Driver harus menaikkan dan menurunkan ditempat yang tidak menganggu lalu lintas
- Pihak aplikasi harus memberika pembinaan terhadap driver
Para partisipan ngopi |
Pengaduan
Ketika seorang penumpang mendapatkan perilaku yang tidak mengenakan dari driver maka,
penumpang berhak untuk melakukan pengaduan kepada pihak aplikasi agar driver yang
berprilaku tidak baik dapat ditegur oleh pihak aplikasi. Sesuai dengan tata aturan yang
berlaku pada aplikasi maka driver dapat dikenakan sanksi sementara atau permanent.
Keuntungan dari ojek online;
1. Lebih hemat waktu dan tenaga
2. Tidak perlu bernegosiasi harga
3. Dapat membayar secara non-tunai
4. Semakin sering menggunakan ojek online, semakin sering mendapat diskon
5. Armada lebih banyak
6. Ojek online mempunyai program loyalitas penumpang
Kelemahan dari ojek online;
1. Jaringan sering bermasalah
2. Pada saat kecelekaan dikarenakan penumpang menyuruh melawan arus, penumpang
tetap diberikan asuransi
3. Harga pada saat jam sibuk dan pada saat hujan bisa naik sampai 2x lipat bahkan 3x
lipat
Aspek yang harus dipenuhi driver, antara lain;
a. Menggunakan jaket yang sudah diberikan oleh aplikasi ojek online tersebut
b. Menggunaan celana panjang
c. Menyiapkan jas hujan
d. Menggunakan dan menyiapkan helm SNI